Semakin banyaknya peluang untuk bekerja,
maka setiap lulusan dari setiap universitas selalu berusaha memberikan
pengajaran yang lebih kompeten dengan tujuan agar dapat terjun langsung di
masyarakat dan siap untuk bekerja dalam bidang apapun.
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah
Jakarta (UMJ) mencoba memberikan pengajaran yang berkompeten dari dosennya
maupun materi-materi yang diberikan khususnya dalam jurusan komunikasi
advertising yang dimana diharapkan lulusanya bisa menjadi seorang Copywriter, Account Executive ataupun
tim kreatif di media iklan yang handal juga bisa mengimbangi informasi yang mengglobal
tentang advertising. Lalu prospek pekerjaan apa saja yang bisa menjadi acuan
kita dalam jurusan komunikasi advertising.
Copywriter
Copywriter
adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan,
baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio
(Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi pada suatu brand (merek).
Seorang Copywriter berpasangan dengan Art
Director (Penata Artistik) untuk membuat sebuah konsep iklan. Ada juga Creative Director yang berada dalam Creative Department di sebuah perusahaan
iklan (Advertising Agency) untuk membuat iklan yang sudah dikonsepkan. Pertama
sebagai bagian dari tim kreatif, dia bersama partnernya sang Art Director harus sama-sama bisa
menterjemahkan brief dari bagian Account/Client
Service yang isinya biasanya informasi tentang produk atau jasa yang hendak
diiklankan, strategi dan jalan yang hendak ditempuh dan pesan yang hendak
disampaikan pada publik. Tentu saja brief yang lengkap mencantumkan segala
informasi tentang produk/jasa tersebut. Seperti publik yang hendak dicapai,
Karakter seperti apa yang ingin terlihat dari produk/jasa itu, apa yang
dilakukan oleh Kompetitor dalam bidang yang sama dan apa yang telah dilakukan
juga oleh si produk/jasa itu selama ini.
Jadi
bersama partnernya, sang Art Director,
Copywriter melakukan brainstorming mengenai apa yang bisa mereka lakukan
untuk produk/jasa yang akan diiklankan. Menentukan secara strategis pesan
seperti apa yang efektif untuk meraih target publik yang diinginkan, dampak apa
yang diinginkan terjadi, menemukan ide besar apa yang hendak dikemukakan dalam
iklan tersebut, gimana gayanya, tone and manner-nya sampai akhirnya biasanya
terbuatlah beberapa alternatif yang bisa ditunjukkan pada klien.
Art Director
Dalam
dunia periklanan, pekerjaan Art Director ini dipasangkan dengan seorang
copywriter, di mana copywriter bertanggung jawab dalam hal kontekstual ataupun
content dari sebuah iklan yang akan ditampilkan sementara tentunya Art Director
bertanggung jawab atas desain dan segi art-nya. Namun tentunya dalam prakteknya
Art Director (meski dari namanya dia seorang director bukan tak mungkin ia tak
harus membawahi sebuah departemen namun lebih pada kerjasama dengan satu atau
lebih copywriter) dan copywriter ini tidak secara kaku mengkotakkan posisi dan
job desc nya masing-masing. Dalam arti, bisa saja art director memberikan
masukan ataupun mempengaruhi pada suatu putusan yang berkaitan atas konteks
yang akan ditampilkan dan vice versa. Pastinya kedua posisi ini saling
bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tim ini bekerjasama dengan
proses mengumpulkan informasi sebanyak mungkin atas apa yang diinginkan oleh
klien baik secara langsung ataupun melalui seorang Account Executive.
Account
Excecutive
Account
Executive, dari namanya saja sudah cukup memberikan gambaran bahwa profesi ini menghasilkan
pendapatan yang lebih dibanding sales pada umumnya. Ya, karena dilihat dari
tingkatannya, Account Executive setingkat di atas salesman. Account Executive
adalah orang yang memiliki wewenang mengkoordinasi para salesman. Selain itu,
Account Executive juga bertugas mengatur strategi pemasaran yang akan
dijalankan selanjutnya. Pada industri media dan komunikasi seperti TV dan
radio, Account Executive biasanya bertugas menawarkan dan negosiasi spot iklan
kepada pengiklan. Begitu pula dengan majalah yang kurang lebih sama dengan
radio dan TV.
Namun
Menurut kabar yang beredar, posisi Account Executive bisa menjadi posisi yang
menghasilkan banyak uang dengan cepat. Seorang Account Executive di televisi
ternama saja bisa membeli mobil Mercedes-Benz dalam waktu tiga bulan jika
program yang dia jalankan berjalan dengan sukses.
Sumber: www.wikipedia.com & www.google.comLokasi Kampus FISIP UMJ: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Jakarta Selatan.
kunjungi website Kami:
http://www.fisipumj.com/
Artikel ini ditulis untuk mendukung kampanye Bangga Jadi Anak Komunikasi Fisip UMJ, salah satu tugas mata kuliah Online Advertising.
0 komentar:
Posting Komentar