Jumat, 10 Januari 2014

Prospek Kerja Jurusan Advertising



Semakin banyaknya peluang untuk bekerja, maka setiap lulusan dari setiap universitas selalu berusaha memberikan pengajaran yang lebih kompeten dengan tujuan agar dapat terjun langsung di masyarakat dan siap untuk bekerja dalam bidang apapun.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mencoba memberikan pengajaran yang berkompeten dari dosennya maupun materi-materi yang diberikan khususnya dalam jurusan komunikasi advertising yang dimana  diharapkan  lulusanya bisa menjadi seorang Copywriter, Account Executive ataupun tim kreatif di media iklan yang handal juga bisa mengimbangi informasi yang mengglobal tentang advertising. Lalu prospek pekerjaan apa saja yang bisa menjadi acuan kita dalam jurusan komunikasi advertising.

Copywriter

Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi pada suatu brand (merek). Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik) untuk membuat sebuah konsep iklan. Ada juga Creative Director yang berada dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency) untuk membuat iklan yang sudah dikonsepkan. Pertama sebagai bagian dari tim kreatif, dia bersama partnernya sang Art Director harus sama-sama bisa menterjemahkan brief dari bagian Account/Client Service yang isinya biasanya informasi tentang produk atau jasa yang hendak diiklankan, strategi dan jalan yang hendak ditempuh dan pesan yang hendak disampaikan pada publik. Tentu saja brief yang lengkap mencantumkan segala informasi tentang produk/jasa tersebut. Seperti publik yang hendak dicapai, Karakter seperti apa yang ingin terlihat dari produk/jasa itu, apa yang dilakukan oleh Kompetitor dalam bidang yang sama dan apa yang telah dilakukan juga oleh si produk/jasa itu selama ini.

Jadi bersama partnernya, sang Art Director, Copywriter melakukan brainstorming mengenai apa yang bisa mereka lakukan untuk produk/jasa yang akan diiklankan. Menentukan secara strategis pesan seperti apa yang efektif untuk meraih target publik yang diinginkan, dampak apa yang diinginkan terjadi, menemukan ide besar apa yang hendak dikemukakan dalam iklan tersebut, gimana gayanya, tone and manner-nya sampai akhirnya biasanya terbuatlah beberapa alternatif yang bisa ditunjukkan pada klien.

Art Director

Dalam dunia periklanan, pekerjaan Art Director ini dipasangkan dengan seorang copywriter, di mana copywriter bertanggung jawab dalam hal kontekstual ataupun content dari sebuah iklan yang akan ditampilkan sementara tentunya Art Director bertanggung jawab atas desain dan segi art-nya. Namun tentunya dalam prakteknya Art Director (meski dari namanya dia seorang director bukan tak mungkin ia tak harus membawahi sebuah departemen namun lebih pada kerjasama dengan satu atau lebih copywriter) dan copywriter ini tidak secara kaku mengkotakkan posisi dan job desc nya masing-masing. Dalam arti, bisa saja art director memberikan masukan ataupun mempengaruhi pada suatu putusan yang berkaitan atas konteks yang akan ditampilkan dan vice versa. Pastinya kedua posisi ini saling bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tim ini bekerjasama dengan proses mengumpulkan informasi sebanyak mungkin atas apa yang diinginkan oleh klien baik secara langsung ataupun melalui seorang Account Executive.

Account Excecutive


Account Executive, dari namanya saja sudah cukup memberikan gambaran bahwa profesi ini menghasilkan pendapatan yang lebih dibanding sales pada umumnya. Ya, karena dilihat dari tingkatannya, Account Executive setingkat di atas salesman. Account Executive adalah orang yang memiliki wewenang mengkoordinasi para salesman. Selain itu, Account Executive juga bertugas mengatur strategi pemasaran yang akan dijalankan selanjutnya. Pada industri media dan komunikasi seperti TV dan radio, Account Executive biasanya bertugas menawarkan dan negosiasi spot iklan kepada pengiklan. Begitu pula dengan majalah yang kurang lebih sama dengan radio dan TV. 
Namun Menurut kabar yang beredar, posisi Account Executive bisa menjadi posisi yang menghasilkan banyak uang dengan cepat. Seorang Account Executive di televisi ternama saja bisa membeli mobil Mercedes-Benz dalam waktu tiga bulan jika program yang dia jalankan berjalan dengan sukses.
Sumber: www.wikipedia.com & www.google.com


Lokasi Kampus FISIP UMJ: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Jakarta Selatan.
kunjungi website Kami:
http://www.fisipumj.com/


Artikel ini ditulis untuk mendukung kampanye Bangga Jadi Anak Komunikasi Fisip UMJ, salah satu tugas mata kuliah Online Advertising. 






0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About